JNE

Semenjak belajar berbisnis online, hari-hari saya tidak jauh-jauh dari yang namanya JNE. Saya punya satu langganan Agent JNE yang awalnya saya kira pemiliknya galak. Karena keseringan berkunjung, saya jadi dapat banyak cerita dari beliau tentang “variasi” customer yang datang ke ‘warung’ JNE-nya.

Pertama, tipe yang pasrah dan sopan seperti saya (GR boleh donk) .Tipe pertama ini sadar betul bahwa dia dan JNE saling membutuhkan sehingga sangat berhati-hati dalam berkomunikasi. Tidak mau menuntut banyak seperti waktu pengiriman harus secepatnya sampai. Mau menurut kalo disuruh melengkapi alamat tujuan dan no HP penerima paket. “Justru yang nggak menuntut banyak dan mau nurut kayak mbak ini yang paketnya cepet sampe”, komentar si bapak JNE.

Kedua, tipe pembeli adalah raja. Tipe kedua ini memperlakukan si petugas JNE (maaf) yah seperti pembantunya. Sudah jelas-jelas jadwal buka hanya sampe jam 18.00, datang jam 18.05 dan marah-marah tidak dilayani. Dalam hati saya mendengar cerita si bapak, “Dikata ini JNE punya dia apa, ngaca dulu kali sebelum memarahi orang yang tidak dikenal”. Ada juga yang datang dengan membanting barang yang mau dikirimkan ke hadapan/meja si bapak. Ada apa dengan orang-orang ini? Apa susahnya sih bersopan santun sedikit ke orang yang membantu kita mengirimkan paket?

Ketiga, tipe absurd. Tipe ketiga ini kenapa absurd karena menuntut barang sampai sesegera mungkin tapi maunya cuma bayar pake yang reguler. Ya jelas saja tuntutannya absurd.

Keempat, tipe pemalas. Tipe keempat ini biasanya dimiliki oleh para pebisnis online. Masak yah mau kirim jualan tas ke Padang, tasnya cuma dibungkus pake kertas kacang yang tipis/ringkih yang rawan sobek. Lagi-lagi si petugas JNE harus kerja extra melapisi paket tersebut dengan gulungan plastik supaya bungkusannya lebih padet dan kokoh.

Saya mungkin bisa sedikit berempati ke bapak JNE tersebut karena pekerjaan saya sehari-hari pun sering melayani banyak jenis karakter manusia dengan rupa-rupa level IQ,EQ dan SQ. Saya perlakukan si bapak JNE sebagaimana saya ingin diperlakukan oleh client-client saya. Sopan dan mau nurut kalo dikasih tau!

IMG00352-20120930-1618

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s