Cara Membeli LM (Logam Mulia) di PT Antam Tanjung Barat

Teman-teman tau logam mulia kan? Itu lho kepingan emas yang dijual oleh PT Antam mulai dari 1 gram hingga 500 gram (source http://www.logammulia.com/gedung-antam-id). Tadinya saya berinvestasi emas melalui website goldgram (sekarang namanya ibank kalo nggak salah). Namun karena kesulitan mencetak emas virtual yang sudah ditabung dan ketersediaan emas fisik terbatas, akhirnya account tersebut saya kosongkan semua ‘saldo’nya dan beralih membeli emas fisik langsung dari PT Antam. Tadinya saya pikir membeli LM di Gedung Antam ini bakalan antri panjang dan rame. Ternyata tidak, saya cukup datang dan memperlihatkan data diri (berupa KTP) ke staf yang ada di butik LM (terletak di bagian kiri Lobby gedung Antam Tanjung Barat). Memberitahukan berat kepingan LM yang ingin saya beli. Lalu saya diberikan kertas kecil berisi total uang yang harus saya transfer ke salah satu rekening PT Antam (ada 3 yaitu Permata, Mandiri dan BCA). Bisa juga langsung gesek pakai debit/credit card di tempat lho tanpa perlu repot-repot lagi ke bank/ATM untuk transfer. Selama uang untuk membeli LM masih memenuhi limit debit/credit card harian anda, tidak ada salahnya langsung gesek di tempat. Kalau saya kebetulan menggunakan fasilitas transfer via bank (kebetulan di sebelah kanan lobby gedung ada Bank Mandiri Cab. Antam), sehingga harus balik lagi ke staf yang sama untuk menunjukkan bukti transfer saya.

Selesai urusan bayar-membayar petugas akan memberikan receipt pengambilan LM yang hanya berlangsung di ruang khusus bertuliskan “loket”. Loket yang berupa ruangan tertutup  ini terletak pas di belakang petugas yang melayani pemesanan dan pembayaran LM tadi. Di loket kita tinggal menyerahkan receipt tadi lalu petugas loket akan memberikan kepingan LM alias emas yang kita beli. Jangan lupa di cek kecocokan antara jumlah gram yang dibeli dengan yang tertulis di LM nya yah. Kalau sudah cocok, si petugas biasanya memasukan LM beserta receipt ke sebuah plastik lalu di stapler deh (biar rapi dan ga kepisah kali?). Setelah itu beres deh urusan membeli LM-nya. Mudah dan kalau saya hitung-hitung waktunya nggak sampai 1 jam mungkin karena masih pagi sehingga baik di butik tempat pemesanan/pengambilan LM dan di Bank Mandirinya sama-sama masih sepi.

Advertisements

3 thoughts on “Cara Membeli LM (Logam Mulia) di PT Antam Tanjung Barat

  1. assalammualaikum..
    ka, saya mau tanya tentang nabung emas di goldgram.
    itu aman ga ya?
    terus nanti ngambilnya gmn kalo udah selesai?
    saya kepengen nabung disana, tapi takut nanti hilang.
    soalnya kalo beli emas langsung blm mencukupi uangnya.
    mohon infonya ya ka
    thanks..

    • kalo goldgram aman sayangnya giliran pas mau nyetak jd emas fisik yg bisa kita pegang n simpan.langsung susah bgt. karena stock mereka dikit. mending langsung beli di antam. ada kok dari pecahan yg kecil2. kalo account goldgram saya dulu ujung2na dicairkan dlm bentuk duit (krn gagal mau nyetak ga bisa2) trua duitnya dipake bwt beli emas langsung ke antam.

    • Seaman2 goldgram, tentu tetap beresiko krn emas fisiknya ga bisa kita simpan. Terjadi sesuatu ke perusahaan ntar ribet lagi klaim duit/emas kita. Jadi mending beli emas fisik langsung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s