Resep Samba Lado Padang (Saos Balado Padang) Paling Praktis

Sering beli masakan Padang ? Pasti di antara menu-menunya ada sajian balado-balado (itu lho yang pake cabe merah), entah itu ikan goreng balado, ayam goreng balado, dendeng balado, telor balado. Memang rata-rata balado disajikan bersama protein yang digoreng sih. Tahukah anda cara membuat samba lado/ saos balado ternyatanya gampang banget bahkan kalau males ngulek bahan-bahannya sebenarnya tinggal dikupas + cuci dan langsung di masukin blender/ food processor?

Kalau saya sendiri karena di rumah baru berdua sama suami (belum punya anak/banyak anak), paling saya bikinnya cuma pake 1 ons cabe keriting. Itupun bisa awet 4-6 hari disimpen di kulkas. Pas makan dengan nasi panas si samba lado yang dari kulkas ntar otomatis lumer sendiri karena kena panas. Jadi nggak perlu tiap hari masaknya :D.

Berikut menu praktis Samba Lado Padang yang sering saya buat di rumah :

Bahan :

1. Cabe Merah Keriting 1 ons (saya biasanya cuma minta 2.000 an aja ke pedagang keliling, ya itu sekitar 1 ons kurleb) *update Juni 2015 kayaknya udah nggak dapet segitu ya, kalo sekarang ^^

2. Tomat merah ukuran sedang/besar 1 buah

3. Bawang Putih 5-7 siung

4. Bawang Merah 6-8 siung

5. Minyak goreng 5-8 SDM *)tergantung selera sih ini mah kalau mau samba lado nya agak kering ya jangan terlalu banyak

6. Garam secukupnya

7. Air putih secukupnya

Takaran cabe+bawang putih+bawang merah+tomat bisa diubah-ubah lagi sesuai selera ya. Selamat research aja mana yang perbandinganya paling pas di lidah anda.

Lho, kok nggak pake cabe rawit atau cabe merah besar dan ‘cabe-cabean’ yang lain?

Nah itu lah bedanya samba lado ini sama sambel-sambel dari daerah lain. Kita pakenya cuma 1 macam cabe yaitu cabe merah keriting. Di Padang sendiri saya hanya menemukan orang menjual 3 jenis cabe yaitu cabe merah keriting, cabe hijau keriting dan cabe rawit hijau. Tidak banyak jenis seperti di pulau Jawa. Cabe keriting untuk diolah jadi samba lado merah/hijau. Sedangkan cabe rawit seringnya digunakan untuk membuat gulai. Jangan lupa tangkai cabenya dibuang ya. Karena di Padang yang namanya tangkai cabe entah itu cabe keriting/rawit nggak akan pernah ikut diolah dan dimasukkan ke makanan.

Cara Membuat :

1. Cabe merah setelah dibuang tangkainya dicuci bersih. Begitu juga dengan Tomat. Bawang merah+putih kupas dan cuci bersih.

2. Yang dimasukkan ke blender/food processor (ini khusus buat yang males ngulek nih) => Cabe merah + tomat yang sudah dipotong kecil (dadu) + bawang merah yang sudah dipotong kecil (dadu/rajang secukupnya saja) + air putih kira-kira 1/2-1 gelas aqua. Fungsi air ini untuk mempercepat proses pelumatan cabe dkk tadi. Khusus bawang putih sebaiknya dicacah secukupnya saja (tidak sampai halus) di ulekan, ¬†jangan ikut di masukkan karena dengan begitu khasiat bawang putih lebih ‘keluar’ katanya.

3. Setelah bahan-bahan tadi lumat dan bawang putih dicacah. Anda tinggal memanaskan minyak goreng secukupnya (jangan sampai terlalu panas). Masukan semua bahan dari food processor tadi dan cacahan bawang putih sambil aduk-aduk dan jaga api sedang. Masukkan garam sesuai selera. Saat air yang tadi ikut kita olah bersama cabe dan bumbu tadi habis, sehingga hanya tersisa minyak, maka kecilkan api dan aduk-aduk sampai samba lado tercium harum (tanda sudah matang). Jangan terlalu lama juga dimasak karena nanti malah jadi hangus ya.

4. Angkat dan samba lado siap disantap bersama protein yang anda masak.

Samba lado ini tahan disimpan di kulkas lho. Normalnya 4-6 hari lah (pengalaman pribadi saya bisa berminggu2 bahkan 1 bulan kalo disimpen di kotak kedap udara macam Tupperwa**). Bisa lebih kalo di freezer. Kalau saya sih nggak selama itu karena sebelum 6 hari juga udah habis. Jadi tinggal goreng-goreng deh besoknya lalu di makan bersama stock samba lado yang di simpan di kulkas :).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s