Jangan simpan 24 Makanan ini di lemari es!

SOURCE: http://www.brilio.net/life/jangan-simpan-24-makanan-ini-di-lemari-es-150427p.html

Disclaimer : Saya copast ke blog pribadi biar sewaktu2 bisa dibaca lagi ^^

Seiring berkembangnya zaman, teknologi juga berkembang untuk membantu meringankan pekerjaan kita dan memenuhi kebutuhan kita. Termasuk lemari es.

Iya, lemari es berfungsi membantu kita untuk mengawetkan makanan yang belum tentu dapat kita habiskan dalam sehari. Tapi, apakah selamanya lemari es itu akan menjalankan fungsinya untuk ‘mengamankan’ makanan atau minuman yang kita konsumsi?

Faktanya, tidak. Lemari es justru bisa mengubah kualitas gizi yang terkandung di dalam makanan atau minuman itu sendiri. Malah, bisa saja mempercepat pembusukan.

Dikutip brilio.net dari laman Times, Senin (27/4), berikut daftar makanan atau minuman yang tidak boleh kamu masukkan ke lemari es.

1. Roti
Memakan roti itu bagus, tapi kalau kamu menyimpannya terlalu lama di lemari es, maka dia akan mengering lebih cepat. Lebih baik kamu meletakkannya terlebih dahulu di dalam kotak roti.

2. Bahan herbal
Bahan herbal di sini misalnya tanaman obat keluarga (toga). Akan lebih baik kamu merendamnya di dalam air supaya tetap segar dan renyah, daripada kamu menyimpannya di dalam lemari es yang justru membuatnya cepat layu. Bisa juga kamu letakkan di ruangan bersuhu kering dan sejuk.

3. Kentang

Lemari es bisa bikin kentangmu mengalami penurunan rasa. Lebih baik kamu meletakkannya di dalam kantong kertas dan menghindari kantong plastik karena mempercepat pembusukan.

4. Buah
Alpukat, apel, pisang, buah jeruk, berry, peach, aprikot, dan nektarin harus disimpan di luar lemari es supaya tidak hilang rasa dan teksturnya. Kalaupun kamu ingin merasakan sensasi renyah dan dingin, cukup letakkan mereka selama 30 menit sebelum dimakan.

5. Bawang
Seperti kentang, kalau kamu menyimpannya di lemari es, lama-lama  mengalami perubahan rasa. Lebih baik simpan di dalam kantong kertas supaya tidak cepat membusuk.

6. Saus salad
Untuk saus salad berbahan dasar di luar krim, yogurt, atau berbau mayones, silakan disimpan di luar lemari es. Terutama yang mengandung cuka dan minyak  supaya tidak mengurangi cita rasa.

7. Tomat
Sama seperti kentang dan bawang, akan lebih baik tomat disimpan dalam kantong kertas supaya tidak cepat lembek dan membusuk.

8. Saus tomat dan kecap

Menyimpan saus dan kecap di luar lemari es tidak akan menjadi masalah karena mereka sudah mengandung cuka dan pengawet, walaupun sudah dipergunakan berulang kali.

9. Sereal

Sereal tidak akan membusuk walaupun di luar lemari es. Jadi, jangan khawatir.

10. Minyak
Kebanyakan dari jenis minyak aman hanya disimpan di suhu ruangan biasa. Tapi untuk minyak yang memiliki kandungan rendah lemak jenuh, seperti berasal dari bunga matahari atau minyak lain berbahan dasar kacang, akan sangat bagus bila disimpan di dalam lemari es.

11. Kopi
Cita rasa kopi hanya akan bagus jika disimpan di wadah kedap udara. Jadi, jangan simpan lagi kopimu di lemari es.

12. Acar
Bahan makanan ini sudah berpengawet, jadi akan tetap segar walaupun tidak dimasukkan ke dalam lemari es.

13. Melon
Melon utuh akan cepat membusuk kalau kamu menyimpannya di lemari es. Kalaupun ingin menyimpannya di sana, pastikan kamu sudah mengupas dan memotongnya dan jangan lebih dari tiga atau empat hari.

14. Selai kacang 
Cukup simpan selai kacangmu di tempat bersuhu kering dan sejuk, maka dia tidak akan apa-apa.

15. Madu
Lemari es hanya akan menyebabkan madu mengeras. Lebih baik disimpan di ruangan bersuhu kering dan sejuk.

16. Buah beri
Buah beri hanya berumur singkat, jadi lebih baik segera konsumsi dalam satu atau dua hari daripada menyimpannya di dalam lemari es.

17. Selai buah
Sama seperti selai kacang, selai buah sudah memiliki bahan pengawet sehingga tidak perlu risau membusuk tanpa dimasukkan ke dalam lemari es.

18. ‘Buah batu’
Maksudnya adalah seperti buah peach, cherry dan plum. Simpan mereka di luar lemari es yang berudara sejuk dan kering dan biarkan sampai matang untuk disantap.

19. Bawang putih
Lemari es hanya akan mengurangi cita rasa bawang putih dan mempercepat pembusukan. Jadi, simpan saja di dalam kantong kertas.

20. Bumbu-bumbu dapur
Bumbu dapur sama sekali tidak perlu didinginkan, disegarkan, maupun diawetkan dalam lemari es.

21. Kacang dan buah-buah kering
Tanpa perlu mendinginkan bahan makanan ini, mereka akan tetap awet walau disimpan di tempat yang sejuk dan kering.

22. Minuman dari buah yang telah bercampur air, gula atau pemanis buatan
Minuman-minuman semacam ini tanpa perlu dimasukkan lemari es, akan tetap terjaga rasanya bila disimpan di tempat bersuhu sejuk dan kering.

23. Ikan tuna dalam kemasan
Ikan tuna yang sudah dalam kondisi kalengan, lebih baik disimpan di ruangan bersuhu sejuk dan kering. Dia aman walaupun tidak dimasukkan ke dalam lemari es.

24. Jenis paprika dan cabai
Baik paprika merah maupun hijau dan cabai, tidak perlu didinginkan supaya awet. Cukup simpan di kantong kertas dengan udara sejuk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s