Pengalaman Melahirkan Anak Pertama (2)

Menyambung tulisan saya sebelumnya

Seiring berjalannya waktu, suami menyarankan saya  untuk terus melatih Baby menyusu langsung. Awalnya saya coba pakai Nipple Shield karena ujungnya yang mirip dot, membuat Baby mau menghisap. Namun entah karena Nipple Shieldnya kebesaran atau apa, pelekatan ke PD tidak sempurna yang berujung sakitnya puting. Sakitnya tuh seperti daging keiris2. Akhirnya balik lagi ke pompa, botol dan dot, hiks.

Beberapa waktu kemudian saya coba berikan ASI langsung tanpa penyambung/nipple shield. Awalnya berhasil di PD kiri saja, menyusul juga di PD kanan. Padahal dulu saya sempat pesimis Baby bakalan bisa menyusu langsung tanpa penyambung. Alhamdulillah. Maka nikmat Allah mana lagi yang engkau dustakan ?

Apakah masalah pemberian ASI udah selesai sampai sini. Hmm.. No. Ternyata saya masih belum lihai memposisikan pelekatan yang baik saat Baby menyusu yang berujung pada luka/nipple crack di puting PD kiri. Untungnya pas dipompa masih bisa, namun kalau dipaksain menyusui langsung sakit banget, sampai nangis2 menahan rasa sakitnya setiap Baby menyusui di PD kiri. Solusinya PD kiri saya puasakan dari menyusui langsung selama 24jam lebih, namun ASInya terus saya pompa dan berikan lewat botol+dot. Sedangkan PD kanan, karena keseringan dihisap dengan dalam, sudah mulai2 perih namun masih bisa tertahankan sakitnya sehingga tetap saya berikan langsung.

Baby bukan bayi ASIX karena pas usia 12 hari hingga 2 bulan sempat dibantu tambahan sufor disaat ASI Perahan habis atau belum sempat diperah. Sehingga satu2nya jalan agar dia tidak kelaparan ya sufor.

Sekarang usia Baby sudah 4 bulan 26 hari. Dengan berat 6,8 kg, Baby sudah semakin lancar menyusui. Sejak usia 2 bulan sudah tidak dicampur sufor lagi ASInya. (Pernah sekali ding dikasih pas usia 2 bulan 2 hari kalau ga salah. Itupun cuma sekali karena puting PD sakit banget sehingga dengan berat hati kasih sufor lagi).

Advertisements

One thought on “Pengalaman Melahirkan Anak Pertama (2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s