Gendongan Bayi/Anak

Sebelum anak pertama saya lahir. Saya kayaknya terlalu meremehkan pentingnya kualitas gendongan. Jadilah saya terkesan `asal beli` dan akhirnya nyesel sendiri kenapa nggak cari info lebih banyak sebelum memutuskan membeli sebuah gendongan. Padahal gendongan yang terlanjur dibeli belom dipake sama sekali. Terpikir untuk dijual di Kaskus.

Gendongan pertama yang dibeli model sling sepaket murah meriah dijual bersama tas dan selimut topi bayi. Seperti gambar di bawah.

gendongan

Gendongan model begini cukup bermanfaat sampai Baby saya berumur 3 bulan. Lewat dari itu badannya udah tambah berat dan panjang jadi nggak muat lagi pake gendongan ini. Apalagi pembagian bebannya ga merata jadi mulailah saya berburu gendongan model wrap yang lebih sehat untuk ortu yang menggendong.

Gendongan kedua, model carrier seperti berikut ini.

snobbyIni asli dibeli karena lapar mata. Ada yang mau beli? Baru pakai satu kali dan tidak nyaman buat saya dan juga bayinya. Mungkin karena tubuh saya yang termasuk berisi alias gemuk, jadinya ini gendongan kekecilan buat saya tali belakangnya. Akhirnya cuma disimpan dijual disini aja deh. Untung harganya nggak terlalu mahal.

Gendongan ketiga yaitu model Baby Wrap.

HANAROO-MAROON-1024x810

Baby Wrap adalah kain panjang yang dililitkan ke tubuh penggendong biar distribusi beban saat menggendong terbagi merata.¬†Saya beli merk Hanaroo, tepatnya tanggal 16 Maret 2015 seharga 165ribu langsung dari websitenya. Baby wrap ini sudah disertai tas pembungkus serbaguna berisi baby wrap+buku petunjuk+CD petunjuk. Saat itu saya pikir cuma itu satu-satunya merk Baby Wrap yang dijual di pasaran. Alhasil nggak pake dibandingin dulu dengan Baby Wrap merk lain baik yang produksi dalam ataupun luar negeri. Gendongan ini jadi favorit saya dan suami meski awalnya harus belajar dulu memakainya. Kainnya menurut saya terlalu stretch (gampang melar) ¬†karena bahannya emang terdiri dari 2 lapis kaos rayon adem. Bahan rayon ini¬†sering dibuat orang jadi inner ninja, atasan blouse, cardigan atau rok panjang. Kalo ga pinter2 masangnya bisa agak melorot bayinya ke bawah. But It’s OK.

Berhubung saya berencana travelling ke luar kota membawa Baby plus review¬†dari seorang¬†vlogger yang memamerkan Easy Wrap merk Baby K’tan. Tergoda juga saya membeli¬†Gendongan keempat¬†yaitu model Easy¬†Wrap Baby K’tan. Kemasan¬†Easy¬†wrap ini berbentuk box karton berisi easy wrap+buku petunjuk.

gallery49-smallBedanya dengan Baby Wrap, kalo Easy Wrap ini lebih praktis karena kain yang seharusnya melilit tubuh udah digabungkan sehingga tinggal sorong. Ibaratnya kerudung, easy wrap ini semacam kerudung bergo yang lebih cepat dibuka/pasang. Nah buat travelling kan agak ribet ya kalau pake Baby Wrap. Apalagi saat itu awal April 2015, Easy Wrap yang saya cari lagi diskon gede di Lazada dari 705ribu menjadi 449ribu. Meski masih mahal, tapi memang gendongan asal Amrik ini sangat praktis dan aman. Berdasarkan pertimbangan ukuran badan saya, Bismillah aja memilih ukuran M, ternyata pas. Oiya, kain Baby K’tan ini agak beda jenisnya dengan Hanaroo meski sama2 katun. Katunnya nggak jenis rayon kayak¬†Hanaroo. Pas diraba mirip bahan kaos oblong menurutku. Nggak se-stretch¬†Hanaroo. Terus lebih ringan dan menyimpannya pun udah ada pouch¬†yang terintegrasi sama ‘sabuk’ atau¬†belt¬†gendongannya. Mirip Ergobaby Stowaway atau Boba Air dimana si kantong¬†udah jadi bagian dari gendongan.

Advertisements

3 thoughts on “Gendongan Bayi/Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s