Apakah Susah Dapat Uang Halal jadi PNS?

Malam ini saya tergelitik dengan komen seorang kawan yang masih bertahan di PNS. 

“Saya galau pengen resign, apalagi di PNS banyak uang ga halalnya”.

Mungkin bagi yang pernah or masih aktif di PNS, pernyataan di atas jlebb banget yah tapi memang begitulah adanya. Saya sih nyalahin sistem, bukan orangnya. Selagi sistemnya belum bener, maka polemik duit2 abu2 ini akan terus bergulir (aduh sok susah bgt bahasanya haha).

Pertama kita harus telaah dulu, agar tau sebuah penghasilan halal atau haram tentu si pegawai memang harus tau dulu kriteria mana duit yang dikira2 haram or meragukan statusnya, mana yang kita yakin emang itu halal dan hak kita. Kalau saya sendiri mikirnya gaji pokok halal. Selain itu masih harus saya pilah2 lagi biasanya..

Kalau saya dulu pas masih di PNS triknya, buat rekening baru dan semua yang meragukan, saya masukin kesitu dan ga akan saya sentuh selalu saya buang semua alias ditransfer ke lembaga pengumpul zakat sedekah. Ga dikasih ke keluarga juga karena kalau ternyata bener itu haram, jatuhnya keluarga kita dinafkahi pakai duit haram donk.

Gimana kalau urusannya dengan SPPD dan kita tau perjalanan dinasnya zonk tanpa hasil yang jelas alias hambur2in duit aja? Yah begitulah.. Kalau bisa boros, kenapa harus hemat? Yang penting penyerapan anggaran kita tinggi ga peduli tingginya terserap ke hal yang produktif atau bukan.. Sedangkan mubazir itu jelas kawannya syaithon.. Ini masalah anggaran Pe Er banget buat pemangku kebijakan. Jangan sampai pas nyusun anggaran pakai nafsu aja, pas ngabisinnya juga pakai nafsu.. Sehingga pegawai lebih terfokus pada penghabisan anggaran daripada kualitas output kerjaan dia sendiri.. Padahal kita tau anggaran itu dari rakyat..

Kalau saya sendiri sih melihat PNS itu ada 2 jenis. Ada PNS yang memang punya skill sesuai tupoksi dia.  Ada juga yang tidak punya skill dan obviously, antara kemampuan dia dengan tugas yang diberikan ga match sehingga muncul deh yang namanya PNS tapi cabut, jarang stay di kantor. Mau stay pun mereka juga bingung ga dikasih job apa2 sama atasan. Serba salah kan. So semua kembali ke sistem dan juga perekrutan pegawai. 

Pegawai bagus+sistem zonk=Zonk

Pegawai zonk+sistem bagus=Zonk

Pegawai bagus+sistem bagus=Lebih berkah

Yang jelas kalau mau jadi orang kaya jangan jadi PNS. Jadi pegawai swasta or wirausaha aja. Kalau jadi PNS dengan niat mau jadi kaya. Gawat, karena di PNS bedain duit halal ama abu2 itu kadang agak susah.. Jangan sampai karena pingin kaya dan tampil mentereng semua yang meragukan tadi kita justifikasi halal…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s