​​Tata Cara Mengurus Pencairan/Klim Taspen Untuk PNS yang diberhentikan secara hormat a.k.a Resign

Tata Cara Mengurus Pencairan/Klim Taspen Untuk PNS yang diberhentikan secara hormat a.k.a Resign
Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya mengurus pencairan dana Taspen, setelah berhenti bekerja jadi PNS di Kementerian Perindustrian.
Saya bekerja dari 2010 hingga 2013. Namun baru mencoba mengurus Taspen ini Juli 2017. Kenapa bisa sejauh itu rentangnya? Karena memang saya baru dapat info mengenai pencairan ini dari teman sesama ex-PNS Mei/Juni 2017. Awalnya saya skeptis dan ogah-ogahan. Ah males ngurus ah, males ke kantor males cari berkas dan alasan2 lain. Intinya mah males ke kantor aja sebenarnya. Padahal orang kantor juga baik2 kok, sayanya aja yang udah minder duluan mungkin karena udah ga bagian dari mereka lagi😅.
Namun, setelah si teman berhasil mencairkan dana Taspennya. Akhirnya saya jadi penasaran. Saya berpikir, its not hurt to try rite? Nothing to lose aja pengen coba urus juga. Apalagi pas saya cek persyaratan2 yang di minta sebagian besar saya masih simpan dengan baik.
Oiya persyaratan yang diminta sbb:

1. SK Pemberhentian secara hormat Asli + copy 1x

2. SKPP asli + copy 1x

SKPP is surat keterangan penghentian pembayaran gaji. Biasanya ini bisa kita minta ke bagian keuangan ses eselon I kita. Karena saya dulu di bawah ditjen BIM Kemenperin, maka saya minta skpp ini ke bagian keuangan sesditjen BIM

3. Daftar gaji kolektif (sama, saya minta ke bagian keuangan sesditjen BIM juga)

4. fotocopy (ftcp) ktp,  ftcp kartu/sertifikat taspen,  fcp kartu pegawai,  ftcp buku rek,  ftcp SK 80%, ftcp SK pengangkatan terakhir

Berkas2 itu saya antarkan ke Kantor Taspen Jaksel karena kantor saya dulu di Jaksel yaitu Jl. Panglima Polim Raya No.38, RT.2/RW.1, Pulo, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160

(dekat polres metro jaya jaksel, posisi kantornya pas d pojok komplek perkantoran/ruko yang ada sesudah kantor polres ini, deket pertigaan lampu merah, kalo bingung cari aja d gmaps ya😀)
Saya kurang tau apakah klim Taspen ini bisa diurus di cabang manapun atau harus sesuai daerah kantor tempat kita berhenti. Sebaiknya ditanyakan ke kantor Taspen terdekat ya😊
Proses pencairan dari sejak berkas saya diterima lengkap hingga cair semua total 1 minggu. Pemberian dana dilakukan lewat 2 metode/tahap yaitu transfer dan ambil tunai langsung ke kantor tempat kita input berkas awal. Saya datang ke kantor Taspen hari Kamis. Senin nya sudah masuk dana yang dikirim via transfer ke rekening bank saya. Kamisnya saya disuruh datang ke kantor untuk mengambil yang tunai.
Total dana yang saya terima baik transfer dan tunai kalau dibulatkan ke bawah 15juta rupiah untuk masa bakti dari maret 2010-november 2013. Jangan ditanya berapa dana yang diterima kawan seangkatan saya yang baru resign Juni 2016 ya.  Tentu jauh lebih besar dari saya yang cuma 3 tahun. Saya sengaja share nominalnya agar teman2 yang sudah resign dan belum tahu info ini ada motivasi untuk mengurusnya. Its not hurt to try. Karena yang bikin lama sebenarnya cari2 kelengkapan berkas yang diminta oleh Taspen. Kalau sudah lengkap, insyaallah cepat cair. Dan dana itu sebenarnya iuran pensiun yang dipotong setiap kita terima gaji dulu. Dan setau saya tidak ada batas waktu untuk mengklaim/cairkan dana ini. Buktinya saya sudah dari Nov 2013 resign (SK berhenti Jan 2014) masih bisa mengambil dana ini.
Oiya foto2 berkas yang saya serahkan akan saya lampirkan. Kecuali SK berhenti dan SKPP hanya dalam bentuk copy (karena yang aslinya sudah saya serahkan ke Taspen dan berkas itu sudah tidak bisa kita ambil lagi😂).

 

Berikut ini persyaratan berkas yang harus diberikan ke Taspen (+fotocopy SK PNS 80%)



Advertisements