CS Hit n Run

Kalau bagi toko online tertentu (biasanya yang masih merintis).. Customer yang hit n run pasti akan “ditandain”. Dikejar2 suruh tepatin janjinya untuk transfer. Bila perlu di publish ke IG nya trus dikasih cap “blacklist”. Kalau saya sendiri dulu awal jualan lupa, bagaimana menghadapin yang hit n run ini. Karena kalau sekarang sih saya ga pernah tau siapa yang hit n run. 😂😂 Saking udah banyaknya orderan, customer yang hit n run dah ga ada waktu nagihinnya..😎 Jadi kalau dalam 24 jam ga setor bukti transfer saya pun secara alamiah melupakan keepannya 😅😅 Jadi hit n run d toko saya ga ke detect samsek karena dah ketimpa chat para customer yang setor bukti transfer 😃 Saya cuma inget keepan reseller, karena biasanya saya tulis nama si reseller d gdocs.

Saran saya sih, kasih batas transfer max 24jam. Kalau csnya minta perpanjangan, kasih perpanjangan max 24jam dengan catatan belum ada WL di belakang yang tanyain. Kalau ada WL? Langsung lempar ke WL keepan CS pertama. Kasih waktu 24jam juga. Kalau si WL melewati batas waktu juga gimana? Boleh lah di kasih perpanjang max 24jam atau lempar balik ke customer pertama. Intinya jangan pernah memperpanjang waktu trf lebih dari 48jam. Biasanya kalau dalam 48 jam dia ga transfer2 juga, maka sampai kapan pun ga akan di transfer. Jadi mending  di cut daripada memperlama waktu trx kita. Mending waktunya dicurahkan ke cust lain.

Kalau misalnya udah lama keep tiba2 transfer dan barang udah sold gimana? Opsinya tinggal tawarin stock lain yang masih ready / refund. Simple kan.. Karena pada dasarnya, orang yang belanja online itu kalau beneran pengen barangnya, amat jarang yang transfer lebih dari 24 jam. Karena mereka ingin barangnya segera datang jadi transfer nya pun biasanya segera. Kalau yang minta waktu 2-3 hari. Di tolak aja yang halus, suruh aja dia cek stock kita lagi 2-3 hari kemudian.  Jadi cek stock dan di invoice saat dia sudah siap transfer saja.

Kalau saya sendiri sih menganggap cs hit n run ini sebagai cs yang ga begitu butuh barangnya. Karena kalau beneran butuh, pasti diusahain transfer segera dan ga akan lupa transfer. Jadi buat yang mengundur2 dengan alasan lupa, ya berarti csnya belum butuh banget barangnya. Orang yang beneran butuh, logikanya sih ga semudah itu melupakan tagihan invoice. Saya memposisikan diri saya saat lagi order stock ke suplier2. Karena saya emang butuh segera barangnya datang, belum pernah tuh saya lupa transfer tagihan belanjaan ke Supplier 😁😁.

Advertisements