Sudahkan Anda Bersyukur Hari Ini?

Dalam Alquran, setiap muslim yang bersyukur akan mendapat ganjaran pahala bahkan tambahan  nikmat dari Allah.. Isn’t that cool?? Cuma bersyukur doank dapet pahala bahkan dapat bonus nikmat yang lain. Dan janji Allah itu PASTI. Sekarang yang jadi masalah cara bersyukur itu sendiri. Mulailah dari hal kecil seperti air bersih aja. Banyak hal yang merupakan berkah bagi kita, tak semua orang dapat menikmatinya tapi kita sepelekan. Atau nikmat yang lain kesehatan. Atau keluarga yang harmonis dan sehat.

Jangan melulu melihat nikmat hanya dari segi materi seperti rumah yang mewah atau mobil terbaru. Karena kalau standar nikmat kita ketinggian, kita pun akan sulit jadi hamba yang bersyukur. Mulailah dari mensyukuri hal kecil yang selama ini mungkin ga begitu kita sadari. Kalau saya sendiri sih amat mensyukuri nikmat kesehatan, baik saya sendiri maupun keluarga. Bayangkan kalau kita sakit atau keluarga ada yang sakit. Tentu hidup rasanya lebih sulit bukan. Jadi bersyukurlah jika saat ini kita masih diberi kesehatan oleh Allah.

Jika kita ingin belajar bersyukur, banyak2lah melihat ke orang yang lebih tidak beruntung dari kita. Bukan berarti kita senang lihat orang lain susah ya.. Justru kalau lihat yang lebih susah, seharusnya kita bantu ringankan kesusahan orang. Metode “selalu melihat ke bawah” ini cukup ampuh untuk meredam rasa tidak puas dengan kondisi kita saat ini, sehingga kita menjadi lebih bersyukur dan tidak kufur nikmat.

So sudahkah anda bersyukur hari ini?

 

Advertisements